Jumat, 04 Oktober 2013

Organisasi


Organisasi

Beberapa pengertian organisasi menurut para tokoh :
Drs. M. Manullang :
Organisasi dalam arti dinamis (pengorganisasian) adalah suatu proses penetapan   dan pembagian dari  pekerjaan yang akan dilakukan , pembatasan tugas-tugas atau tanggung jawab serta wewenang dan penetapan hubungan-hubungan antara unsur-unsur organisasi, sehingga memungkinkan orang-orang dapat bekerja sama  seefektif mungkin untuk pencapaian tujuan.
Drs. Soekarno K. :
Organisasi sebagai fungsi manajemen (organisasi dalam pengertian dinamis) adalah organisasi yang memberikan kemungkinan bagi manajemen dapat bergerak dalam  batas-batas tertentu.
Drs. H. malayu S.P. Hasibun :
            Oragnisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur , dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerjasama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
Organisasi  adalah alas an sosial yaitu sebagai saran untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk pergaulan, alas an material yaitu memperbesarkan kemampuan, dan untuk efisiensi dan mengakumulasikan pengetahuan dari generasi kee generasi.
(Sumber  buku : Teori Organisasi dan pengorganisasian  oleh Prof.Dr.J>winardi, S.E.)
Organisasi Perusahaan adalah : Adanya orang-orang yang usahanya harus dikoordinasikan;tersusun dari jumlah subsistem yang saling berhubungan dan saling tergantung bekerja bersama atas dasar pembagian kerja, peran dan wewenang serta memiliki tujuan tertentu yang hendak dicapai.
beberapa unsur perusahaan yaitu:
  1. Badan Usaha Perusahaan memiliki bentuk tertentu bahik yang berupa badan hukum maupun yang bukan badan hukum seperti Perusahaan Dagang, Firma, Persekutuan Komanditer, Perseroan Terbatas, Perusahaan Umum, Perusahaan Perseroan, dan Koperasi.
  2. Kegiatan dalam bidang perekonomian Meliputi bidang perindustrian, perdagangan,perjasaan, dan pembiayaan.
  3. Terus menerus Kegiatan udaha dilakukan sebagai mata pencarian, tidak insidental dan bukan pekerjaan sambilan.
  4. Bersifat tetap Kegiatan usaha yang dilaksanakan tidak berubah atau berganti dalam waktu singkat, tetapi untuk jangka waktu yang lama.
  5. Terang-terangan Kegiatan usaha ditujukan kepada dan diketahui oleh umum, bebas berhubungan dngan pihak lain, diakui dan dibenarkan oleh pemerintah berdasarkan undang-undang.
  6. Keuntungan atau laba Yang menunjukan tujuan perusahaan adalah untuk memeproleh keuntungan dan atau laba.
  7. Pembukuan Perusahaan wajib untuk menyelenggarakan pencatatan mengenai kewajiban dan hak yang berkaitan dengan kegiatan usahanya.


Kenapa kita harus berorganisasi?
Bagi saya berorganisasi sangat penting sekali karena banyak dari alumni-alumni kita yang merasa kecewa dan menyesal karena tidak mengikuti organisasi. Karena dengan berorganisasi banyak sekali yang kita dapatkan seperti pengetahuan dari luar dunia kuliah dan pengetahuan tentang matakuliah yang sedang kita pelajarkan. Pada saat ini banyak mahasiswa yang tidak mengikuti oragnisasi karena takut mengganggu jam kuliahnya padahal dengan kita mengikuti oraganisasi kita dapat membagi waktu kuliah dengan waktu berorganisasi.

            Pengalaman saya dalam berorganisasi :
1.      Mengikuti ekstrakulikuler madding selama 3tahun dan selama itu saya pernah menjabat sebagai bendahara
2.      Saya mengikuti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) masa bakti 2010/2011, saya pernah menjadi pengurus kesenian dan keterampilan
3.      Menjadi panitia pensi  

S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar