Rabu, 29 April 2015

Mahasiswa Berprestasi



Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan mem­ben­tuk watak serta peradaban bangsa yang ber­mantabat dalam rangka men­cer­das­kan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengem­bang­kan potensi peserta didik (mahasiswa) agar menjadi manu­sia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berah­lak mulia, sehat, ber­ilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung­jawab. Perguruan tinggi secara terus menerus mengem­bang­kan iklim akademis yang demo­kratis agar dapat men­du­kung pelaksanaan proses pembelajaran yang mengarahkan mahasiswa menjadi lulusan sebagai insan pembelajar sepanjang hayat.
Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, teta­pi juga beraktivitas untuk mengem­bang­kan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih. Kemampuan ini dapat mahasiswa peroleh dari pembekalan secara formal melalui kurikulum akademik dan ko-kurikuler, ekstra dan intra kurikuler. Namun, tidak semua mahasiswa mau dan mampu untuk menjadi pem­belajar yang sukses. Acapkali mahasiswa dengan nilai aka­de­mik yang tinggi tidak memanfaatkan peluang untuk menggunakan wak­tu­nya dalam kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kuri­kuler. Sebaliknya maha­siswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan kegiatan pengem­bangan soft skills tidak memperoleh nilai akademik yang tinggi. Sementara itu, dalam era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang. Oleh karenanya di tiap perguruan tinggi perlu diidentifikasi maha­siswa yang dapat melakukan keduanya dan diberi penghargaan sebagai maha­sis­wa yang berprestasi.
Dalam rangka memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang telah ber­hasil mencapai prestasi yang baik, maka perlu dise­leng­garakan program pemi­lihan Mahasiswa Berprestasi yang dilakukan secara berjenjang dan ber­tingkat. Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil dalam bidang akademik, dan aktif dalam kegiatan ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler, memi­liki jiwa Pancasila dan patut dijadikan kebanggaan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Agar pelaksanaan pemilihan Mahasiswa Berprestasi dapat ber­­jalan dengan tertib dan lancar, maka diperlukan suatu Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Pedoman ini digunakan sebagai acuan bagi pihak penyelenggara di perguruan tinggi dan pihak panitia pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar