Sabtu, 30 Maret 2013

Manusia dan kebudayaan



"Kebudaaan Berperan Penting Sejahterakan Dunia"

UBUD - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Wiendu Nuryanti menyatakan, kebudayaan yang dimiliki masyarakat menjadi kekuatan penting yang bisa membawa kesejahteraan dunia.

Kekuatan kebudayaan akan menjadi isu penting dalam pertemuan tingkat dunia World Culture Forum (WCF) 2013 yang akan digelar November 2013 di Bali. WCF merupakan KTT Dunia atas prakarsa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang bertujuan menjadikan Bali sebagai rumah dunia bagi pertemuan dan diskusi kebudayaan, sebagaimana peran Davos (Switzerland) sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Economic Forum (WEC).

Ada dua hal penting yang hendak dicapai. Pertama, memberikan sudut pandang kebudayaan dalam melakukan pembangunan segala bidang. "Yang kedua, bagaimana peran serta kebudayan bisa mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat," kata Wiendu usai dialog budaya dalam rangka World Cultural Forum 2013 di Museum Rudana, Ubud, Gianyar, Bali, Sabtu (6/10/2012).

Di ajang WCF, sejumlah isu dan program penting lainnya akan digelar, meliputi forum pemuda, economic business forum culture, forum academic, dan forum gender and culture.

Menurut Wiendu, Indonesia yang terpilih sebagai tuan rumah, akan memanfaatkan forum dunia itu untuk mengangkat isu kebudayaan yang berperan penting dalam mensejahterakan masyarakat dan peradaban dunia. Forum ini akan dihadiri delegasi dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk kepala negara dan pemenang hadiah nobel kebudayaan.

"Indonesia, lewat kebudayaan yang dimiliki, akan lebih berperan aktif dalam mewarnai kebudayaan global," katanya didampingi Putu Supadma Rudana, pendiri Pusat Penelitian Pengkajian dan Dokumentasi Budaya Destar.

Bali yang dipilih tempat penyelenggaraan WCF, tak lain sebagai contoh dimana kebudayaan masyarakatnya yang cukup terpelihara mampu bersinergi dengan baik ditengah arus globalisasi. Diharapkan, lewat forum ini, akan dievaluasi peran strategis kebudayaan dalam menciptakan dan menguatkan persahabatan antarnegara melalui hubungan kemasyarakatan. Pentingnya saling menghargai perbedaaan budaya, mendiskusikan bagaimana budaya nasional dan kokal dapat berkembang di zaman modern sekarang.

Lewat WCF 2013, dapat mengawali pertemuan dunia dalam membahas isu-isu utama bidang kebudayaan dalam rangka menjaga keharmonisan antarbangsa. "Juga dalam menilai keunikan dan keragaman budaya untuk meningkatkan kemakmuran di antara komunitas global," tutupnya.
Sumber : www.okezone.com
Komentar :
Komentar saya adalah kebudayaan yang dimiliki Indonesia saat ini snagat penting karena kekuatan kebudayaan bisa menjadikan sebuah isu penting yang bertujuan untuk menjadikan Bali sebagai Rumah Dunia sanagat bagus.
Karena dengan dijadikannya bali sebagai rumah dunia, Indonesia bisa dikenala lagi dengan budayanya yang sangat bergam yang dimiliki akan lebih berperan aktif dalam mewarnai kebudayaan global  yang berkembang dijaman modern saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar